Wirausaha Bersama Telkom Indonesia

img_1809
Nastar, salah satu produk favorite Enny’s Cookies and Pastries

Enny’s Cookies and Pastries adalah usaha rumahan yang sudah saya rintis sejak tahun 2010. Awalnya usaha ini dimulai dalam lingkaran kecil yaitu keluarga. Produk saya awalnya hanya sebatas pesanan keluarga dekat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, Natal atau pun hari ulang tahun. Berhubung saat itu usaha masih kecil-kecilan, banyak sekali masukan-masukan yang saya terima dari keluarga perihal berbagai produk kue dan roti.

Masukan-masukan itu tidak saya acuhkan begitu saya. Kebanyakan dari masukan yang saya peroleh dari keluarga, saya uji apakah cocok dengan model usaha saya nanti atau tidak. Salah satu masukan yang saya dapat adalah membuka toko kue dengan konsep Coffee Shop and Library. Konsep ini sangat menarik dan sudah menjadi trend di luar negeri. Pada tahun 2009, saya melakukan perjalanan ke Hawaii, Amerika Serikat dan sempat mengunjungi salah satu Borders Bookstore yang juga di dalamnya terdapat coffee shop yang menjual berbagai kue dan roti. Para pengunjung toko buku, setelah membeli buku kerap menghabiskan waktunya di coffee shop tersebut untuk sekedar membaca buku. Kebanyakan pelanggan ingin sekali membaca buku yang baru dibelinya sehingga konsep tersebut bisa menjadi pilihan usaha yang akan saya rintis.

fb_img_1465182458663.jpg
Risol sayur dengan isi daging sapi cincang yang lezat.

Akan tetapi konsep Coffee Shop and Library tidaklah murah. Secara konsep untuk saat itu sangat menarik, akan tetapi modal yang dikeluarkan akan sangat besar. Akhirnya saya mencoba masukan lain yaitu online shop. Pada tahun tersebut konsep pemasaran berbasis online belum terlalu populer seperti saat ini, tetapi gejala pemasaran berbasis online mengalami peningkatan pesat. Saya pun memutuskan untuk memulai usaha saya secara online. Awalnya saya menggunakan salah satu produk Mobile Telkom yaitu Telkomsel. Pemilihan produk Telkomsel menurut saya tepat karena jangkauannya sangat luas serta pelanggan Telkomsel pun sangat banyak. Pertimbangan ini sangat penting untuk memulai usaha Enny’s Cookies and Pastries yang baru saya rintis karena jika saya menggunakan Telkomsel, maka pelanggan saya akan mudah menjangkau serta jika mereka menggunakan nomor Telkomsel akan lebih murah untuk menghubungi. Selain itu biaya operasional juga menjadi lebih murah dan harga penjualan bisa ditekan.

Produk Enny’s Cookies and Pastries adalah produk premium kue dan roti. Untuk itu saya lebih mengutamakan kualitas produksi. Target market saya adalah kalangan menengah dan atas sehingga saya pun memilih bahan-bahan terbaik. Tantangan yang saya hadapi adalah produk yang ditawarkan kepada pelanggan rasanya tidak ekonomis karena bahan-bahan tersebut 60% menggunakan produk import. Sampai saat ini pun saya cukup kesulitan menemukan bahan subtitusi lokal yang bisa mempertahankan kualitas produk Enny’s Cookies and Pastries. Oleh sebab itu, strategi terbaik pemasaran Enny’s Cookies and Pastries secara online adalah yang terbaik untuk saat ini.

wp-image-1843455869jpeg.jpeg
Silakan mencoba kelezatan Lapis Legit Premium

Dengan jangkauan yang luas serta pelanggan yang banyak, produk Telkom membantu untuk pengembangan usaha rumahan yang terus saya rintis sampai hari ini. Saya tidak perlu menyewa ruko atau pun mendekorasi ruko secara unik yang membutuhkan banyak pengeluaran. Dengan demikian, saya bisa bersaing dengan berbagai toko-toko kue dan roti yang sudah menjamur di Jabodetabek. Dengan bisnis Online, saya bisa menjual kue lapis legit 20x20x8 cm seharga Rp. 350.000 dibandingkan dengan harga lapis legit di toko yang berkisar Rp. 500.000 sampai Rp. 550.000 untuk kelas premium. Biaya pengiriman terjauh pun sekitar 50.000, dibandingkan dengan datang langsung ke toko, produk Enny’s Cookies and Pastries langsung diantar di depan rumah.

Pemasaran produk Enny’s Cookies and Pastries secara online ini sangat penting karena bisa menekan biaya produksi. Dengan menekan biaya produksi maka saya bisa menawarkan harga kue dan roti dengan kelas yang sama lebih bersaing serta lambat laun membuka lapangan pekerjaan buat orang lain. Produksi Enny’s Cookies and Pastries belum banyak tetapi saat ini saya bisa mempekerjakan satu orang yang awalnya dikerjakan oleh saya sendiri dan orang tua. Saat ini saya menggunakan produk Telkom Indihome Fiber yang bisa menekan biaya promosi. Dari biaya SMS sekarang beralih menggunakan berbagai aplikasi sekaligus berbagai sosial media. Program televisi IndiHome Fiber juga sangat menarik dan banyak ide-ide yang saya dapatkan untuk memasarkan produk Enny’s Cookies and Pastries.

Saya membayangkan di masa depan nanti kesempatan dari pemasaran online akan berkembang pesat seiring #IndonesiaMakinDigital dan tentu saja pengembangan usaha Enny’s Cookies and Pastries tergantung dari seberapa cepat akses internet yang bisa saya gunakan. Sementara ini saya masing menggunakan blog dan berbagai sosial media untuk pemasaran, akan tetapi rencana ke depan adalah ingin membangun website sendiri. Untuk rencana Coffee Shop and Library belum terpikirkan saat ini karena saya ingin merintis usaha online yang lebih murah dari segi biaya operasional serta cakupan pelanggan yang lebih luas. Coffee Shop and Library juga sudah berjamur saat ini sehingga tentu ide lain yang berbeda akan lebih menarik pelanggan.

Di jaman sekarang saya menyadari betul produk tidak hanya lezat tetapi juga menarik sehingga saya tetap mempertahankan kualitas dan kelezatan dari Enny’s Cookies and Pastries. Sebuah usaha tidak akan bisa bertahan jika tidak didukung oleh insfrastruktur yang memadai. Banyak potensi usaha kerakyatan di Indonesia, tetapi sayangnya kita kerap berbenturan dengan infrastruktur komunikasi yang kurang baik. Telkom setidaknya memberi jalan keluar terhadap permasalahan tersebut dengan berbagai layanan produknya yang sudah menjangkau hampir seluruh daerah terpencil di Indonesia.

IMG_1908
Dijamin bikin ketagihan

Belajar dari pengalaman, saya sekaligus ingin menyumbang ide online shop yang menawarkan masakan rumahan dengan nama ,”Masakan Ibu”. Aplikasi ojek online berasal dari begitu populernya angkutan motor yang digunakan untuk mengatasi macet dan kurangnya transportasi publik. Masakan ibu lebih kepada kerinduan makanan rumahan yang rasanya lezat dan siapa yang tidak bisa menyangkal bahwa ibu adalah juru masak terbaik. Resepnya tidak tertulis tetapi gaya memasak yang menggunakan perasaan dengan komposisi yang tidak bisa dihitung tetapi pas di mulut. Dengan aplikasi masakan ibu, kita bisa membuat para ibu rumah tangga mempunyai penghasilan tambahan yang dapat membantu kebutuhan rumah tangganya sehari hari sekaligus juga dapat memberikan pelatihan bagi ibu rumah tangga dalam mengolah makanan secara bersih dan sehat. Semoga dengan membaca tulisan ini bisa juga menginspirasi para usahawan muda yang ingin berkarya lewat berbagai aplikasi online bersama Telkom.

Enny’s Cookies and Pastries

img-20160612-wa0000.jpg
Daftar Harga Enny’s Cookies and Pastries
6 thoughts on “Wirausaha Bersama Telkom Indonesia

Leave a Reply

